Sukses

Elemen Baru Akan Masuk dalam Tabel Periodik

Elemen kimia bernomor 112 atau disebut Uninbium akan dimasukkan secara resmi ke dalam tabel periodik dalam waktu dekat. Uninbium adalah elemen terberat dalam tabel periodik sampai saat ini.

Liputan6.com, Berlin: Elemen kimia bernomor 112 akan dimasukkan dalam tabel periodik secara resmi oleh The International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) dalam waktu dekat. Uninbium, atau bahasa Latin dari angka 112 ini memiliki massa kira-kira 277 lebih berat dari hidrogen sehingga menjadi elemen terberat dalam tabel periodik.

Uninbium pertama kali diciptakan pada tahun 1996 oleh sejumlah ilmuwan di Helmholtz Center yang bermarkas di Kota Darmstadt, Jerman. Mereka menciptakan elemen tersebut dengan cara menembakkan atom elemen seng (Zn) ke logam timbal (Pb) melalui akselerator partikel sepanjang 120 meter. Kini, pihak IUPAC tengah menghubungi tim tersebut untuk mengonfirmasi nama resmi untuk Uninbium.

Para ilmuwan di Helmholtz Center telah menemukan enam elemen kimia bernomor 107 hingga 112 sejak tahun 1981. Selain 112, kelima elemen lain telah diberi nama. Nomor 112 itu sendiri berasal dari penambahan nomor atom seng dan timbal yang masing-masing adalah 30 dan 82.(ANS/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.