Sukses

Progam Keamanan Gratisan ala Microsoft

Pekan depan, Microsoft merilis progam keamanan komputer gratis, Microsof Security Essentials.

Liputan6.com, Seattle: Microsoft Corp berencana merilis versi beta program keamanan komputer gratis-nya, Microsoft Security Essentials, pekan depan. Progam tersebut dirancang untuk mencari dan membunuh perangkat lunak berbahaya yang dapat mencuri password dan informasi pribadi lainnya atau mengarahkan PC ke distribusi spam. Setelah software terinstal, Microsoft menyatakan akan men-download update daftar malware setiap hari.

Direktur Tim Perangkat Lunak Keamanan Microsoft Theresa Burch mengatakan, program ini mencoba untuk mencari spot berbahaya meskipun tidak terdapat dalam daftar yang dikenal merusak. Ketika progam menemukan sesuatu yang mencurigakan, server Microsoft akan melakukan penyelidikan sebelum mengizinkan progam tersebut dijalankan. "Proses hampir seketika," ujarnya, Kamis (18/6).

Microsoft juga mengelola database dari sumber perangkat lunak terpercaya. Jadi, perangkat tidak akan diblok secara tidak disengaja seperti Google web browser toolbar.

Microsoft Essentials akan bersaing dengan program langganan McAfee Inc dan Symantec Corp dan beberapa paket gratis lainnya. Perangkat lunak keamanan ini dapat diperoleh dengan melakukan download di situs Microsoft. Meski gratis, namun software ini tidak akan menjadi bagian paket dari Microsoft Windows 7.(AP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini