Sukses

Harej.com, Situs Belanja Pertama di Irak

Meski dilanda konflik berkepanjangan tak menghambat perkembangan internet di Irak. Baru-baru ini, Irak mempunyai situs belanja online pertamanya.

Liputan6.com, Baghdad: Meskipun situasi politik maupun keamanan Irak belum stabil, tak membuat perkembangan internet terganggu. Bahkan, baru-baru ini negara yang terkenal dengan sebutan negeri seribu satu malam itu memiliki situs belanja online.  

Kehadiran situs bernama www.harej.com tersebut disambut baik oleh masyarakat. Nama situs itu diambil dari istilah kuno Baghdad yang berarti pasar yang sesak. Sementara, harej dalam Bahasa Arab berarti keributan. Situs ini menghubungkan pembeli dan penjual secara gratis.

Penciptanya, Mehdi al-Ajwadi, mengatakan, situs ini akan memerlukan waktu untuk mengambil transaksi ekonomi yang hampir seluruhnya dilakukan secara tunai di negara yang bertahun-tahun dilanda konflik. "Penjalanan panjang harus dilalui sebelum benar-benar diterima masyarakat," kata Ajwadi.

Situs ini terdiri dari dua bahasa yakni Bahasa Arab dan Kurdi. Barang baru ataupun bekas ditawarkan di sini. Barang yang paling populer di situs ini antara lain mobil BMW x5, Mercedes C300 dan GMC Yukon . Selain itu, Sony Playstation 3 juga menjadi barang yang paling dicari.(Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini