Sukses

Game Membuat Anak Suka Menolong

Beberapa peneliti baru-baru ini mengungkapkan, video game ternyata dapat membuat anak lebih baik dalam hubungan sosialnya

Liputan6.com, Iowa: Beberapa peneliti baru-baru ini mengungkapkan, video game ternyata dapat membuat anak lebih baik dalam hubungan sosialnya. Mereka menjadi lebih ramah dan suka menolong. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam buletin Personality and Social Psychology oleh konsorsium ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat, Jepang, Malaysia dan Singapura.

Namun, permainan video game yang diklaim bermanfaat hanya terbatas pada permainan bertema sosial. Yaitu, permainaan dengan karakter saling membantu tanpa kekerasan. "Sejumlah studi telah mengungkap hubungan kekerasan dengan permainan game, namun ini yang pertama meneliti efek positif sebuah sebuah game sosial" ujar Douglas Gentile, peneliti dari Universitas Iowa State.

Dari keempat studi yang dilakukan di beberapa negara memberikan hasil sama, meski dilakukan dengan metode berbeda. Salah satu penelitian yang dilakukan di Jepang menganalisis hubungan jangka panjang antara video game dan perilaku sosial.

Penelitian dilakukan pada 2000 anak berusia antara 10 hingga 16 tahun. Sebelumnya, mereka telah didata terlebih dulu kebiasaan bermain game-nya dan hubungan sosial yang mereka lakukan. Hasilnya menunjukkan ada hubungan erat antara kebiasaan bermain game ramah sosial dengan hubungan sosial si anak.(AND/Sciencedaily)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.