Sukses

Indonesia Luncurkan Roket Terbesar

Indonesia meluncurkan roket jenis RX 420 di LAPAN Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jabar. Jenis roket terbesar ini mempunyai jarak tempuh 100 kilometer.

Liputan6.com, Garut: Melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Indonesia berhasil meluncurkan roket jenis RX 420 di stasiun uji terbang roket LAPAN, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, Kamis (2/7) pagi. Roket itu merupakan roket terbesar yang pernah dibuat Indonesia. Keunggulan lain, jarak tempuh roket mencapai 100 kilometer dengan muatan 300 kilogram serta memiliki kecepatan empat kali kecepatan suara.

Di kesempatan itu juga digelar uji coba 12 roket berjarak 50 kilometer. Jarak tersebut setara dengan jarak Batam ke Singapura. Menurut Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman, tujuan produksi dan pengembangan roket selama ini adalah untuk keperluan kelengkapan persenjataan keamanan negara, pemetaan wilayah, dan mendeteksi hotspot kebakaran hutan.(AIS/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini