Sukses

Peluncuran Endeavour Lima Kali Gagal

Sambaran petir dan badai di dekat tempat peluncuran memaksa NASA menunda kembali peluncuran Endeavour. Peluncuran kembali dijadwalkan Kamis mendatang pukul 05.03 WIB.

Liputan6.com, Cape Canaveral: Sambaran petir dan badai di dekat tempat peluncuran di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Senin (13/7), memaksa National Aeronautics and Space Administration (NASA) menunda kembali peluncuran pesawat ulang-alik Endeavour ke Stasiun Antariksa Internasional. "Cuaca sekali lagi telah mengganjal kita," kata Direktur Peluncuran Pete Nickolenko. Ini adalah untuk kelima kalinya Endeavour batal meluncur dalam sebulan.

Endeavour dijadwalkan lepas landas Senin pukul 18.51 waktu setempat atau Selasa pukul 05.51 WIB untuk misi pemasangan landasan penelitian buatan Jepang di bagian luar stasiun antariksa tersebut. Peluncuran kembali dijadwalkan Kamis mendatang pukul 05.03 WIB atau Rabu pukul 18.30 waktu setempat.

Dua upaya peluncuran bulan lalu dibatalkan akibat kebocoran gas hidrogen. Upaya ketiga berakhir pada Sabtu lalu, ketika NASA memerintahkan pemeriksaan sistem elektrik pesawat ulang-alik itu menyusul serangkaian gelombang petir. Sedangkan peluncuran pada Ahad silam dibatalkan akibat cuaca buruk.

NASA sedang berupaya menyelesaikan pembuatan pos terdepan orbit dengan dana 100 miliar dolar AS yang merupakan proyek 16 negara. Proyek ini ditargetkan selesai paling lambat 30 September 2010. Dengan demikian, lembaga tersebut dapat memensiunkan armada ulang-alik itu dan mengembangkan pesawat pengganti yang dapat melakukan perjalanan ke bulan dan tujuan lain yang lebih jauh dari Bumi [baca: NASA Tunda Lagi Peluncuran Endeavour].(ANT/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.