Sukses

Toshiba Akan Produksi Cakram Blu-ray

Perusahaan elektronik Toshiba akan merilis produk cakram padata DVD Blu-ray tahun ini setelah produk HD DVD-nya gagal bersaing dengan Blu-ray dari Sony.

Liputan6.com, Tokyo: Perusahaan raksasa elektronik Jepang Toshiba Corp. akhirnya memutuskan memasuki pasar cakram padat DVD Blu-ray tahun ini, setelah produk High Definition DVD (HD DVD) miliknya gagal bersaing dengan Blu-ray yang dikeluarkan perusahaan Sony. Seperti yang dilansir AFP, banyak studio Hollywood memilih menggunakan Blu-ray untuk menyimpan katalog film-film lamanya. Blu-ray bahkan mendominasi pasar di Jepang. Hal itu memaksa Toshiba untuk menyerah dan menghentikan promosi HD DVD pada awal 2008 lalu.

Toshiba lalu kembali mengembangkan televisi generasi mutakhir, serta melirik distribusi program televisi dan film melalui Internet. Tapi besarnya permintaan produk Blu-ray di Jepang akhirnya mendorong Toshiba ikut memproduksi video dengan kapasitas besar itu. Persaingan HD DVD dan Blu-ray mengingatkan kompetisi serupa pada akhir 70-an di mana Toshiba dan Sony berkompetisi ketat dalam produk kaset video, VHS dan Betamax.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.