Sukses

Satelit Tak Berawak India Rusak

Satelit tak berawak pertama milik India mengalami kerusakan. kejadian ini dapat membuat misi luar angkasa dua tahun negara tersebut terganggu.

Liputan6.com, Bangalore: Satelit tak berawak pertama milik India mengalami kerusakan, pekan lalu. Kerusakan ini dapat membuat misi luar angkasa dua tahun negara tersebut terganggu.

Satelit yang diberi nama The Chandrayan-1 itu diluncurkan pada Oktober tahun lalu untuk memetakan permukaan Bulan. Bukan cuma itu, satelit yang pembuatannya menghabiskan 79 juta dolar AS ini juga ditugaskan untuk mencari logam-logam berharga di bulan.

Salah seorang tim Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (IRSO) memperkuat pernyataan di atas. "Memang betul ada kerusakan, tapi misi bakal tetap dilanjutkan," ujar S. Satish yang dihubungi Reuters.

Satish  menambahkan, kejadian tersebut bukan suatu kegagalan. Timnya telah melakukan eksperimen di luar angkasa dan telah mengambil semua gambar. Kendati, daya tahan dari satelit tersebut masih menjadi pertanyaan terkait kerusakan tersebut.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini