Sukses

Bayi Mengerti Bahasa Anjing

Bayi ternyata dapat mengidentifikasi perbedaan gonggongan anjing meski tidak dihadapkan dengan binatang tersebut secara langsung.

Liputan6.com, Provo: Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi ternyata dapat mengerti perbedaan gonggongan anjing walaupun tidak berhadapan langsung dengan anjing tersebut. Penemuan itu dipublikasikan dua orang ilmuwan, yaitu Dan Hyde dan Heather Whipple Stephenson, belum lama ini, di Utah, Amerika Serikat. Kedua ilmuwan tersebut hendak membuktikan kemampuan belajar bayi sejak dini.

Dalam percobaannya, para bayi yang menjadi objek penelitian diberi dua foto anjing yang sama dengan sikap yang berbeda. Dalam foto pertama, anjing tampak bersikap agresif sedangkan pada foto kedua anjing terlihat tenang. Pada saat yang sama peneliti memutar rekaman yang memperdengarkan suara gonggongan anjing yang agresif dan yang tidak.

Para bayi ternyata mampu mencocokkan suara gonggongan dengan foto yang diberikan sebelumnya melalui tatapan yang agak lama. Jika bayi diperdengarkan suara gonggongan agresif, maka ia akan melihat foto anjing yang agresif agak lama. Demikian juga sebaliknya. Lamanya menatap dibaca ilmuwan sebagai proses belajar bayi mencocokkan fenomena.

Para peneliti menyimpulkan bayi mempelajari fenomena yang dilihatnya dengan cepat, meski dengan kadar tertentu. "Melihat hasil penelitian ini saya ingin ide-ide lucu lainnya juga dijadikan proyek penelitian," ujar Stephenson, seperti dikutip ScienceDaily.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini