Sukses

Mengukur Senyum Demi Pelanggan

Sebuah perusahaan kereta api di Jepang kini memasang perangkat lunak yang mampu menilai senyum seseorang

Liputan6.com, Tokyo: Seberapa manis senyum Anda? Jika tidak tahu dan ingin mengukurnya, Anda harus ke Jepang. Karena,  di sejumlah stasiun di sana, terpasang alat yang dapat mengukur senyum manusia.

Pemasang peralatan ini adalah perusahaan kereta api Jepang, Keihin Express Railway. Perusahaan telah memasang perangkat lunak pengukur senyum di 15 stasiun dari 72 stasiun yang ada. Stasiun yang dipilih adalah stasiun yang dikenal sibuk. Keihin Express memasang alat ini untuk membantu para pegawai agar dapat berhubungan lebih baik dengan para penumpang.

Para pembuatnya mengklaim alat ini dapat memberikan nilai senyum secara obyektif. Hanya dengan duduk di depan komputer jinjing dengan kamera digital yang terpasang di atasnya para pegawai dapat mengetahui semanis apa senyum mereka. "Senyum membantu kita berinteraksi dengan para penumpang kereta. Dengan senyum suasana menjadi lebih nyaman," ujar Mitsue Endo, seorang pegawai yang mengaku mendapat nilai 70 untuk senyumnya.

Bagaimana pun, mengecek senyum bukanlah hal yang diwajibkan. "Saya kira kita tidak memiliki kesempatan yang cukup untuk selalu menatap wajah kita dan kemudian menilainya," ujar Taichi Takahashi, Kepala Hubungan masyarakat Keihin Express.(AP/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini