Sukses

Nikon S1000pj, Kamera Pertama dengan Proyektor

Nikon menghadirkan kamera digital pertama di dunia yang dilengkapi dengan proyektor. Dengan fasilitas itu hasil foto maupun video bisa langsung disaksikan bersama-sama.

Liputan6.com, New York: Sehabis memotret dengan kamera digital, biasanya kita akan langsung melihat hasilnya lewat layar LCD yang ada pada kamera. Namun seringkali kita harus berebut jika sedang bersama dengan keluarga atau teman-teman. Kini ada cara lain yang ditawarkan Nikon. Perusahaan tersebut membuat terobosan dengan menghadirkan Nikon COOLPIX S1000pj, kamera pertama di dunia yang dilengkapi dengan proyektor. Dengan fasilitas itu, kita bisa beramai-ramai melihat hasil foto atau video.

Mengutip situs PC Magazine, COOLPIX S1000pj memiliki spesifikasi cukup mumpuni dengan ketajaman 12 megapiksel, LCD 2,7 inci, dan 5x optical zoom. Kamera ini dapat merekam video definisi standar, kemudian memproyeksikan gambar serta video ke layar selebar 40 inci dengan resolusi 640 x 480 piksel.

Perangkat lunak yang diaplikasikan pada kamera Nikon ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat slideshow bertema, dengan efek, transisi, serta musik untuk menyemarakkan gambar. Sebuah speaker juga ditambahkan pada kamera sebagai back audio. Untuk memudahkan proyeksi, remote tanpa kabel serta tripod proyektor juga disertakan. Kamera ini akan mulai dilepas ke pasar pada September 2009 dengan kisaran harga 429,95 dolar AS atau sekitar Rp 4,3 juta.

Proyektor yang dipakai dalam S1000pj didasarkan pada desain konsep "PicoP" dari Microvision, proyektor terkecil di dunia yang diluncurkan pada acara Consumer Electronics Show 2007 lalu. Proyektor mungil ini menggunakan laser mini berwarna merah, hijau, dan biru beserta cermin kecil untuk menampilkan gambar.

Nikon juga memperkenalkan kamera layar sentuh terbaru, tipe S70. Dengan OLED 3,5 inci dan warna-warna yang lebih tajam, S70  akan menjadi kamera saku Nikon pertama yang dapat menangkap video high-definition. Kamera 12 megapiksel ini memiliki 5x optical zoom, dan akan dilempar ke pasaran pada September mendatang dengan harga 399,95 dolar AS atau sekitar Rp 3,9 juta.
 
Untuk kamera dengan harga yang lebih terjangkau, Nikon menawarkan dua tipe. Pertama Nikon COOLPIX S640 yang berorientasi pada kecepatan, yang dapat memulai dalam 0,07 detik. Yang kedua Nikon COOLPIX S570, yang memiliki digital image stabilization. Keduanya juga akan dikeluarkan pada September 2009 dengan harga 249.95 dan 199.95 dolar AS.(AND)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini