Sukses

"The Great Flu", Game Pengontrol Flu Babi

Virus flu babi ternyata memberi inspirasi dalam video game. Sejumlah peneliti di Belanda menciptakan sebuah game online yang menantang para pemainnya untuk mengontrol suatu pandemi di dunia.

Liputan6.com, London: Kemunculan flu babi pada April silam telah menimbulkan kepanikan. Ternyata, hal itu menarik perhatian para gamers. Sejumlah peneliti di Belanda menciptakan sebuah game online bernama "The Great Flu" yang menantang para pemainnya untuk mengontrol suatu pandemi. Game ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus H1N1 di dunia.

"Game ini menunjukkan apa yang sekarang sedang terjadi di dunia nyata," ujar Albert Osterhaus, Kepala Virolog Erasmus Medical Center pada MSNBC, Senin (17/8) waktu setempat. Untuk mendapatkan game ini, pemain hanya perlu mengakses situs bernama www.thegreatflu.com dan dapat memainkannya secara gratis.

Cerita dalam game ini bermula dari adegan seorang pengidap flu di masa pandemi Spanish Flu pada 1918 yang tertidur di ranjang. Pemain yang berperan sebagai Kepala Lembaga Pengontrol Pandemi Dunia atau World Pandemic Control kemudian dapat memilih suatu menu yang menunjukkan sudah sejauh mana virus menyebar, berapa penderita, dan berapa banyak yang meninggal dunia.

Setelah itu, pemain dapat langsung menentukan berbagai pilihan untuk melawan penyebaran virus, seperti pemasangan sistem kamera di tempat-tempat tertentu, mengontrol distribusi vaksin, dan menutup sejumlah tempat umum seperti sekolah dan bandara. Untuk melakukan aksi tersebut, pemain harus mampu menggunakan dana dengan sebaik-baiknya. Bila terlalu boros, kata-kata peringatan akan muncul di layar.

Walau belum mencobanya, juru bicara Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyambut baik kemunculan game ini. WHO dan Osterhaus berharap selain meningkatkan kesadaran, masyarakat juga dapat mengetahui bahwa mengambil suatu keputusan dalam dunia kesehatan publik tidaklah mudah.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini