Sukses

Lomba Robot, Dorong Anak Berkreasi

Untuk membuat robot tentu bukan pekerjaan mudah, apalagi bagi anak-anak. Sebelumnya, anak-anak harus terlebih dahulu menguasai sejumlah perangkat lunak khusus yang menggunakan gambar dan infra merah.

Liputan6.com, Melbourne: Kreativitas memang harus digali semasa kecil, seperti anak-anak di Negeri Kanguru, Australia, misalnya. Mereka bukan hanya menikmati dunia bermainnya, tetapi juga ditantang untuk berkreasi dengan membuat robot. Hasilnya, kreasi mereka pun ditampilkan dalam Kompetisi Robocup Melbourne, baru-baru ini.

Beragam kegiatan diadakan untuk memeriahkan perlombaan robot robocup itu. Salah satunya berdansa dengan robot. Untuk yang satu ini, para peserta benar-benar menikmatinya. Betapa tidak, mereka yang turut serta adalah para pencipta robot-robot penari. Robot-robot yang ditampilkan dalam robocup ini memang begitu beragam. Mulai dari robot penari sampai robot pemain bola.

Untuk membuat robot tentu bukan pekerjaan mudah, apalagi bagi anak-anak. Sebelumnya, anak-anak harus terlebih dahulu menguasai sejumlah perangkat lunak khusus yang menggunakan gambar dan infra merah. Untuk bisa menari atau bermain bola, robot-robot diprogram untuk bermain dengan menangkap sinyal infra merah dari dalam bola.

Semua yang dilakukan anak-anak di Melbourne, ini tentu sebuah prestasi yang membanggakan. Para pendidik sendiri menilai ajang kompetisi robot sangat bagus untuk mendorong kreativitas anak-anak dalam menghasilkan sesuatu yang berguna di kemudian hari.(UPI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini