Sukses

Virus Lokal Lebih Ganas

Virus buatan Indonesia diyakini lebih ganas dari virus asing karena bisa menghilangkan data file. Sementara vitus asing hanya ingi menunjukkan kelemahan Windows saat ini.

Liputan6.com, Jakarta: Virus buatan Indonesia diyakini lebih ganas dari virus asing. Sebab, virus lokal tersebut bisa menghilangkan data file.

"Sementara, virus asing tidak sampai menghilangkan file penting penggunanya. Produsen virus tersebut hanya ingin menunjukkan kelemahan Windows yang ada saat ini," kata Technical Security Consultant, ESET Indonesia, perusahaan di bidang keamanan digital, Yudhi Kukuh, saat dihubungi ANTARA, di Surabaya, Ahad (23/8).

Namun, jelas dia, dari sejumlah virus yang menyebar di seluruh jaringan komputer di dunia, virus asal Indonesia hanya menyumbang 0,1 persen. "Meski penguasaannya terbilang minim secara internasional, pengguna komputer perlu menyadari pentingnya antivirus untuk melindungi data," ujarnya.

Sampai saat ini, kata dia, variasi virus di dunia sangat beragam. Akan tetapi, yang kini menjadi tren dan berbahaya adalah virus "configure". Virus ini sifatnya bisa menggandakan diri, sehingga kini variannya bisa mencapai turunan ke-30  yakni "configure" varian AQ. "Mayoritas, selama ini yang menyerang komputer di antaranya 'configure generic', 'configure' varian A, dan 'onfigure' varian AA," katanya.

Ia mencontohkan, ragam virus lokal yang juga membahayakan data pengguna komputer seperti "babon", "aksika", "coolface & coolface MP3 player", "W32/Kill AV", pendekar "blank", "pacaran", "blue fantassy", dan "Windx-Matrox". "Selain itu, ada juga virus amburadul, 'FD Shield', 'Purwo C', dan 'Nadia Saphira'," ungkapnya.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.