Sukses

Ensiklopedia Online Muat Jenis Flora dan Fauna

Ensiklopedia online yang ditujukan untuk menggambarkan setiap jenis hewan dan tanaman di planet ini, kini tengah menambah entri hingga 1,8 juta spesies

Liputan6.com, Beijing: Encyclopedia of Life, sebuah proyek bernilai US$ 100 juta atau Rp 1 triliun yang diluncurkan pada 2007, kini tengah menambah entri 1,8 juta spesies yang dikenal, mulai dari apel sampai zebra dalam satu dasawarsa. Demikian laporan Xinhuanet-OANA, seperti dikutip ANTARA, Senin (24/8).

Karena jumlah spesiesnya meningkat, lema ensiklopedia juga ikut meningkat. "Kami menambah kecepatan," kata James Edwards, Direktur Pelaksana EOL yang berpusat di Smithsonian Institution, Washington, Ahad (23/8). Ia mengatakan eksiklopedia itu kini tengah menambah lagi sekitar 170.000 lema dalam bentuk umum yang digunakan para ahli. Tahun lalu hanya 30.000 lema yang dimiliki. Dengan adanya ensiklopedia online, setiap orang mulai dari ilmuwan hingga anak sekolah dapat memanfaatkan EOL sebagai "pemandu lapangan" dari spesies yang hendak diamati. Selain itu mereka juga dapat menyumbang gambar atau hasil pengamatan hewan di sebuah tempat yang belum ditemukan.

"Seringkali ada studi mengenai spesies secara individu, seperti serangga, katak atau burung, namun orang tak memiliki akses ke informasi spesies lain di daerah yang sama," ujar James Hanken, Direktur Harvard Museum of Comparative Zoology dan Pemimpin Komite Pelaksana EOL. Ensiklopedia Online dapat diakses melalui situs www.eol.org.(DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini