Sukses

Ternyata Kelelawar Bernyanyi Selama "PDKT"

Sejumlah peneliti menemukan bahwa kelelawar tidak hanya menggunakan suara mereka untuk mendeteksi benda di depannya. Makluk itu bernyanyi untuk menarik pasangannya.

Liputan6.com, Texas: Anda mungkin sudah banyak mendengar jika kelelawar mengeluarkan suara untuk mendeteksi benda yang ada di depannya. Namun kini bertambah satu lagi fungsi suara bagi hewan yang identik dengan superhero Batman ini. Suara yang kelelawar keluarkan ternyata tak melulu berfungsi sebagai pelacak benda, namun  juga sebagia penarik pasangan. Saat si pejantan tengah melakukan pendekatan ia akan menyanyikan lagu cinta untuk menarik sang betina.

Penemuan ini ditemukan sejumlah peneliti dari Departemen Biologi Texas A&M serta Universitas Texas. Untuk melakukan penelitian tersebut para ilmuwan membutuhkan waktu tiga tahun. Sebenarnya mendengar nyanyian cinta kelelawar adalah hal yang sulit, mengingat suara yang dikeluarkan adalah suara dengan frekuensi tinggi yang sangat sukar manusia dengar.

Meski begitu, ilmuwan berhasil merekam suara tersebut dengan peralatan yang mereka miliki. Dalam penelitian tersebut mereka menemukan beberapa suku kata yang digunakan untuk bernyanyi dibentuk ke dalam tiga kelompok yaitu, siulan, dengungan, dan getaran bunyi. ScienceDaily melansir, kelelawar terbiasa melakukan hal itu untuk menarik pasangan mereka dan memperingatkan saingan mereka agar jangan ikut campur. Penemuan ini sendiri adalah pemuan baru, karena sebelumnya diyakini kelelawar tidak memiliki aturan bahasa dengan menggunakan frase tertentu.

Di kalangan hewan, hanya sejumlah hewan yang bernyanyi untuk menarik pasangannya. Paus dan burung yang termasuk diantaranya. Namun nyanyian cinta kelelawar ini memiliki karakteristik tertentu. "Kami telah mempelajari bagaimana kelelawar mengeluarkan vokal mereka. Ternyata sangat spesifik dan terpola. Kini kita punya model yang tak hanya dapat digunakan untuk mempelajari kesamaan komunikasi dalam dunia binatang, tetapi juga dalam dunia manusia", ujar Kirsten Bohn, peneliti dari A&M.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.