Sukses

Samsung Tawarkan Laptop Berteknologi OLED

Teknologi dioda cahaya organik atau OLED kini tengah naik daun. Untuk itu, memang sudah saatnya laptop berteknologi OLED diproduksi.

Liputan6.com, Seoul: Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung akan memproduksi laptop berteknologi dioda cahaya organik atau Organic Light-Emitting Diode (OLED) akhir tahun depan. Layar laptop sebesar 12,1 inci ini memiliki teknologi tampilan AMOLED atau Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode dengan resolusi 1280x768. Demikian dilansir situs teknologi Dvice.com belum lama ini.

OLED adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari satu milimeter dan merupakan pesaing generasi sebelumnya yakni tampilan kristal cair atau Liquid Crystal Display (LCD).

Samsung SDI adalah pabrikan layar OLED terbesar di dunia. Untuk itu, tak aneh jika mereka menjadi yang pertama meluncurkan notebook OLED. Meski harga komputer jinjing mewah ini belum dipastikan, namun diperkirakan setidaknya akan dijual seharga US$ 5 ribu atau lebih dari Rp 50 juta. Meski sangat mahal, namun laptop berteknologi OLED ini diharapkan menjadi barang yang banyak digunakan dan murah pada lima tahun ke depan.(DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini