Sukses

Ilmuwan Temukan Tikus Raksasa

Beberapa ilmuwan dan pembuat film telah menemukan spesies baru tikus raksasa di pedalaman hutan Papua Nugini.

Liputan6.com, Beijing: Beberapa ilmuwan dan pembuat film telah menemukan spesies baru tikus raksasa di pedalaman hutan Papua Nugini bersama dengan hewan lain yang selama ini tak pernah disaksikan. Tikus berbulu tebal itu, ukurannya yang sangat besar dengan panjang 82 centimeter dan berat 1,5 kilogram.

Dengan ukuran sebesar itu, seperti dikutip ANTARA, Selasa (8/9), hewan pengerat pemangsa sayuran tersebut menjadi tikus yang paling besar yang diketahui di mana pun di dunia. Tikus raksasa ditemukan tim ekspedisi yang membuat film bagi program BBC "Lost Land of the Volcano".

Tikus raksasa hanyalah satu dari puluhan hewan baru yang ditemukan di bawah gunung berapi Bosavi. Tim itu juga menemukan sejumlah laba-laba asing dan sebanyak 20 spesies serangga. "Yang menjadi pusat perhatian termasuk bunglon, satu katak bertaring dan satu jenis ikan yang disebut `henamo grunter`. Ikan tersebut diberi nama seperti itu karena makhluk tersebut mengeluarkan suara mendengkur dari kantung udara saat berenang," ujar Steve Greenwood, produser serial "Lost Land of the Volcano". Katak bertaring tersebut adalah satu-satunya dari 16 katak baru yang ditemukan.

Daerah tempat hewan itu ditemukan sangat sulit didatangi. Tim menghabiskan waktu beberapa pekan untuk mendaki puncak setinggi 2.800 meter dengan bantuan pencari jejak lokal.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.