Sukses

Rumah Domes yang Tahan Gempa

Pascagempa Yogyakarta tiga tahun silam, di Indonesia mulai diperkenalkanlah konsep rumah domes. Bangunan ini dijamin tahan terhadap gempa.

Liputan6.com, Yogyakarta: Sebuah konsep rumah domes yamg tahan gempa telah dipratikkan warga Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Ada sekitar 80 rumah domes di kawasan seluas tiga hektare itu. Masjid dan sekolah di tempat ini juga menerapkan konsep tahan gempa yang diperkenalkan pascagempa di Yogyakarta tiga tahun silam [baca: Gempa 5,2 Skala Richter Mengguncang Yogyakarta].

Bentuk rumah tidak seperti rumah biasa. Bangunannya berbentuk setengah lingkaran yang telungkup. Dengan bentuk unik ini tak hanya gempa, rumah juga kokoh menahan badai topan. Rumah domes dibangun dengan konstruksi beton dan menggunakan rangka besi. Warga mengaku cukup nyaman tinggal di rumah itu. Bentuknya mirip rumah iglo milik suku Eskimo atau tempat tinggal Teletubbies. Saksikan selengkapnya video berita ini.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini