Sukses

Situs Prasejarah Ditemukan Dekat Stonehenge

Arkeolog menemukan situs prasejarah di dekat lingkaran batu berdiri terkenal di Stonehenge. Situs tersebut dijuluki Bluehenge.

Liputan6.com, London: Para arkeolog telah menemukan situs prasejarah yang lebih kecil, di dekat lingkaran batu berdiri terkenal di Stonehenge, Sabtu (3/10). Arkelog menjuluki situs tersebut sebagai Bluehenge, karena warna dari 27 batu welsh yang diletakkan untuk membuat jalan. Kini, batu tersebut telah menghilang namun lubang jalan tetap eksis.

Peneliti dari Universitas Sheffield seperti dikutip AP mengatakan, temuan lingkaran tersebut merupakan sebuah situs yang penting. Situs ini terletak sekitar dua kilometer dari Stonehenge, yang diyakini telah dibangun sekitar 2500 SM.

Bluehenge jaraknya sekitar 130 kilometer barat daya London, diperkirakan memiliki periode yang sama dengan Stonehenge.  Namun, susunan tepat Bluehenge tidak jelas. Para peneliti berencana mempublikasikan informasi lebih lanjut tentang temuan tersebut tahun depan.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini