Sukses

Kampanye di Facebook Ramaikan Pilkada Medan

Pemilihan kepala daerah Medan tahun 2010 mulai diramaikan dengan kampanye di facebook oleh sejumlah tokoh yang kerap disebut-sebut akan ikut bertarung memperebutkan kursi wali kota.

Liputan6.com, Medan: Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Medan tahun 2010 mulai diramaikan dengan kampanye di situs jejering sosial, facebook, oleh sejumlah tokoh yang kerap disebut-sebut akan ikut bertarung memperebutkan kursi wali kota.

Kampanye dilakukan dengan menyebar undangan bergabung ke dalam grup. Di antara nama kandidat yang muncul adalah Sekda Kota Medan, Dzulmi Eldin, dengan nama grup "Bang Dzulmi Eldin The Right Man for Kota medan". Sampai Kamis (8/10) siang, ada 167 anggota yang tergabung dalam grup dengan pendiri yang menggunakan nama Indonesia Raya.

Tokoh lain, Safwan Khayat (mantan Kasatlantas Kota Medan), dengan nama grup,"Pendukung Drs Safwan Khayat M Hum." Dalam catatan grup ini terdapat sebanyak 97 anggota dengan nama pendiri Hafit NIe.

Para pendukung Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Bahdin Nur Tanjung, SE MM juga tak ingin ketinggalan ikut meramaikan Pilkada Medan melalui FB dengan membuat grup "Bahdin Nur Tanjung untuk Walikota Medan 2010-2015." Ada sebanyak 111 anggota yang tergabung.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Medan (Unimed), Aulia Andri, MSi mengatakan, kampanye melalui facebook berperan dalam mendongkrak popularitas seorang tokoh terutama untuk kalangan generasi muda.

Menurut dia, memperkenalkan diri melalui facebook juga sama fungsinya dengan memasang baliho ataupun spanduk. Hanya, kampanye melalui facebook punya kemungkinan ekspose yang dilakukan keluar dari sasaran masyarakat yang dituju. "Facebook diakses semua orang bukan hanya warga Medan," katanya kepada ANTARA.

Namun menurut Aulia, dalam perkembangan teknologi informasi yang ditandai dengan kian populernya pemanfaatan Internet, kampanye lewat facebook cukup cerdas.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini