Sukses

Virgin Galactic Kenalkan SpaceShipTwo

Perusahaan Virgin Galactic akan memperkenalkan secara resmi pesawat SpaceShipTwo pada Senin mendatang. Pesawat ini akan menjadi pesawat komersial pertama untuk wisata luar angkasa.

Liputan6.com, California: Pernah berangan-angan untuk pergi ke luar angkasa? Mimpi tersebut mungkin dapat Anda wujudkan dalam beberapa tahun ke depan. Pasalnya, perusahaan Virgin Galactic asal Amerika Serikat berencana memperkenalkan secara resmi pesawat luar angkasa SpaceShipTwo di Gurun Mojave, California, Senin mendatang. Pesawat ini akan menjadi pesawat komersial pertama untuk berwisata ke luar angkasa.

"Penerbangan menuju kawasan suborbital planet bumi adalah awal dari sejarah penerbangan komersial manusia ke luar angkasa," tutur Bretton Alexander, Presiden Asosiasi Commercial Spaceflight Federation pada Discovery Channel, Jumat (4/12) waktu setempat.

Seseorang yang sudah membeli tiket, akan meluncur bersama SpaceShipTwo sejauh 65 mil atau 104 kilometer ke angkasa. Pada ketinggian itu, para penumpang dapat melihat planet bumi secara langsung. Tak hanya itu, mereka juga diperbolehkan melepas sabuk pengaman dan merasakan sensasi mengambang di udara.

Keseluruhan wisata ini diperkirakan menghabiskan waktu sekitar dua setengah jam. Sementara untuk harga, Anda harus rela merogoh kocek sebesar US$ 200 ribu atau Rp 2 miliar. Hingga sejauh ini, terdapat 300 orang dari seluruh dunia yang sudah memesan tiket.

Virgin Galactic mengatakan akan melakukan tes penerbangan pada tahun depan. Demi alasan keamanan, penerbangan komersial disinyalir baru terwujud pada 2011 atau 2012.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.