Sukses

Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Jumat Besok

Menurut perhitungan astronomi, Jumat (15/1) besok akan terjadi gerhana matahari cincin yang sebagian akan bisa dilihat di wilayah Indonesia. Proses gerhana akan berlangsung selama 11 menit.

Liputan6.com, Jakarta: Masyarakat Indonesia akan bisa menyaksikan keajaiban alam berupa terjadinya gerhana matahari cincin, Jumat (15/1) besok. Proses terjadinya gerhana matahari cincin ini akan dimulai sekitar Pukul 14:39 WIB dan mencapai puncaknya sekitar Pukul 15:18 WIB hingga berakhir Pukul 15:55 WIB.

Gerhana yang diperkirakan akan berlangsung paling lama 11 menit ini akan melewati sejumlah negara, dimulai di Afrika dan melalui Chad, Republik Afrika Tengah, Republik Demokrasi Kongo, Uganda, Kenya, dan Somalia. 

Setelah meninggalkan Afrika, Gerhana akan berjalan melintasi Samudera Hindia, kemudian berlanjut ke Asia melalui Bangladesh, India, Myanmar, Cina dan Indonesia, demikian laporan dalam situs resmi NASA.

Sayangnya, masyarakat Indonesia mungkin hanya bisa melihat gerhana matahari cincin ini sebagian saja, alias tidak bisa melihat bentuk cincin sepenuhnya. Wilayah di Indonesia yang bisa melihat gerhana matahari ini adalah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan dan sebagian Sulawesi.

Menurut informasi, gerhana matahari selama 11 menit ini adalah persitwa yang sangat langka, dan bahkan baru akan terjadi lagi lebih dari seribu tahun kemudian.(MLA)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.