Sukses

Ratusan Warga Saksikan Gerhana Matahari di Boscha

Ratusan warga mendatangi observatorium Boscha untuk melihat gerhana matahari. Pengelola menyediakan sejumlah teropong namun bagi yang tidak kebagian, memilih menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari.

Liputan6.com, Bandung: Gerhana matahari yang terjadi Jumat (15/1) sore mengundang rasa penasaran warga Bandung, Jawa Barat, untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Ratusan warga sengaja mendatangi observatorium Boscha di Lembang untuk melihat peristiwa langka ini.

Pengelola Boscha menyediakan sejumlah teropong agar para pengunjung dapat melihat peristiwa ini. Sementara bagi yang belum kebagian melihat lewat teropong, sebagian pengunjung memilih menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari. Para pengunjung pun cukup terpuaskan dengan fenomena yang dilihat meski gerhana matahari yang dapat disaksikan di obervatorium Boscha hanya sebesar 10 persen.

Sementara di Varkala, India, fenomena gerhana mulai terlihat pada pukul 11.00 waktu setempat. Orang-orang berkumpul di tepi pantai untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Gerhana matahari akan melewati Afrika Tengah, Samudera Hindia, dan sebagian wilayah Indonesia. Di Indonesia, gerhana terlihat mulai pukul 14.30 WIB hingga 17.00 WIB di wilayah Sumatra, Kalimantan, sebagian Pulau Jawa, dan Sulawesi. Gerhana yang disebut paling lama di abad ini berlangsung selama 11 menit 8 detik.(YNI/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.