Sukses

NASA Akan Teliti Penyebab Gempa Haiti

NASA akan meneliti penyebab gempa Haiti melalui serangkaian pemantauan udara dari pesawat jet yang dilengkapi sistem radar udara khusus.

Liputan6.com, Pasadena: Badan program luar angkasa dan kedirgantaraan Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) akan meneliti penyebab gempa Haiti melalui serangkaian pemantauan udara dari pesawat jet yang dilengkapi sistem radar udara khusus. Demikian seperti dirilis Associated Press, Rabu (27/1).

Pihak Jet Propulsion Laboratory (JPL) --salah satu laboratarium NASA di Pasadena-- mengatakan, pesawat jet Gulfstream mengangkut sistem pusat penelitian penerbangan Dryden milik NASA. Senin lalu, JPL mengangkut alat itu ke Gurun Mojave.

Para ilmuwan merencanakan survei udara selama tiga minggu di Amerika Tengah dan juga menambahkan serangkaian penerbangan di atas Pulau Hispaniola. Pada 12 Januari lalu, pulau itu dilanda gempa berkekuatan 7,0 skala Richter.

"Hasil radar akan memberikan gambaran bagaimana kerusakan permukaan bumi dan perubahan lain yang melibatkan proses geologi pascagempa," kata Paulus Lundgren, kepala penelitian.

Sebelumnya, JPL juga menggunakan sistem pemantauan udara itu untuk meneliti dampak banjir besar di San Andreas, California, dan bencana besar lainnya, November tahun lalu.(ADDY/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.