Sukses

Waduh, Roket yang Diujicoba Nyasar

Satu dari 12 roket buatan Pindad yang diluncurkan Kementrian Negara Ristek, nyasar di tambak warga di Lumajang, Jawa Timur. Tidak ada korban jiwa, namun warga sempat cemas akan peristiwa ini.

Liputan6.com, Lumajang: Uji coba 12 roket buatan Pindad di lapangan tembak milik TNI Angkatan Udara di Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Lumajang, Jawa Timur, diduga meleset. Satu roket yang diujicoba Kementerian Negara Riset dan Teknologi (Ristek), Rabu (27/1) pagi itu, nyasar di tambak milik warga, di Desa Meleman Kecamatan Yosowilangun.

"Tidak ada korban jiwa," jelas Kapolres Lumajang Dedy Prasetyo ketika dikonfirmasi soal jatuhnya roket tersebut. Menurut Dedi, saat mendatangi lokasi kejadian, petugasnya hanya menemukan selongsongnya saja di tambak milik warga. Meski tidak ada korban jiwa, warga di sekitar lokasi mengaku sempat khawatir.

Selongsong roket yang nyasar ini, tambah Kapolres Lumajang, merupakan yang pertama dari sekitar 12 roket yang diujicobakan. Dari informasi di lapangan, roket pertama diperkirakan jarak luncurnya 10 kilometer. Namun, saat diujicoba, roket melesat hingga 13 kilometer.  Rencananya, usai diujicoba, roket ini akan dijual ke Cina [baca:Uji Coba 12 Roket Buatan Pindad]

Warga sekitar juga menjelaskan, tambak yang kejatuhan roket itu berada di petak 37. Tambak milik Gunawan ini berisi udang yang masih berumur satu bulan. Belum diketahui soal penggantian kerusakan tambak udang oleh pihak Kantor Menristek. Sebab, pada saat uji coba juga hadir Menteri Negara Ristek Suharna Suryapranata, serta pejabat Departemen Pertahanan, TNI AL dan TNI AU. (ETA)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini