Sukses

Bijaksana Gunakan Teknologi

Jika tidak bijaksana, teknologi bisa menjebak. Alih-alih dekat dengan penggemar, Facebook sejumlah artis justru rentan dipalsukan oleh penjahat cyber.

Liputan6.com, Jakarta: Situs jejaring sosial bernama Faceboook memang terkadang membuat kecanduan. Tak bisa lepas sebelum menulis status atau mencantumkan foto pribadi. Seperti yang dialami Clara Westi, seorang jurnalis. Baginya Facebook bukan lagi sekedar gaya hidup, tapi juga memenuhi kebutuhan mengaktualisasi diri.

Demam Facebook juga menular ke artis remaja Nikita Willy. Tapi pengalaman buruk dipalsukan akunnya, membuat Nikita lebih berhati-hati. Senada dengan Nikita, artis Cinta Laura bahkan kapok ber-Facebook. Awalnya situs jejaring sosial itu memang membantunya menjalin kedekatan dengan penggemar.

Namun belakangan tangan jahil di dunia maya mulai mengusiknya. Hujatan, cemoohan kerap diterimanya. Bahkan kadang ditujukan ke ibu kandung Cinta. Saat diusut, ternyata ada 498 akun Facebook palsu yang menggunakan nama Cinta Laura. Bijaksana menggunakan teknologi, mungkin itu kuncinya. Jangan sampai hobi "curhat" dan mencantumkan foto di situs jejaring sosial justru menjadi bumerang. Ingat, kejahatan bisa menimpa siapa saja.(TES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini