Sukses

Bandung Mendung, Komet Lyrids Tak Terlihat

Awan menyelimuti kawasan Bandung khususnya Bandung Selatan sejak Rabu malam. Padahal, tidak sedikit warga Bandung yang sudah bersiap di tempat terbuka untuk menyaksikan komet Lyrids.

Liputan6.com, Bandung: Mendung yang menyelimuti langit Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/4) dini hari, mengakibatkan warga gagal melihat komet Lyrids. Awan menyelimuti kawasan Bandung khususnya Bandung Selatan sejak Rabu malam. Padahal, tidak sedikit warga Bandung yang sudah bersiap di tempat terbuka.

"Sebenarnya tidak ada hujan, namun awannya tipis sehingga menghalangi pemandangan," kata Evi (17) salah seorang pelajar sekolah menengah atas di Ciparay, Kabupaten Bandung, seperti dikutip Antara. Ia mengaku menyiapkan diri untuk melihat peristiwa langka itu. Namun, ia kecewa karena tak bisa melihat hujan komet itu yang disebut-sebut mencapai puncak fenomena itu pada Kamis dinihari.

Pandangan dari Kota Bandung sendiri berbaur dengan polusi cahaya yang berasal dari lampu di kota itu, sehingga lebih sulit untuk melihat langit cerah. Sejumlah remaja masjid di Ciparay juga begadang untuk menyaksikan peristiwa itu mulai tengah malam, namun juga gagal melihat fenomena alam itu. "Saya baca dari media massa komet itu terlihat malam ini, namun sayang banyak awan, mudah-mudahan saja malam nanti masih bisa dilihat," kata Diky.

Bila cuaca cerah, komet Lyrids bisa disaksikan oleh warga di sekitar ekuator dan belahan bumi utara. Hujan komet Lyrids sendiri merupakan debu dari bagian ekor komet Thatcher yang masuk ke atmosfer bumi. Fenomena alam itu tidak membahayakan penduduk bumi karena batuan komet yang masuk ke atmosfer langsung hancur dan tidak mengenai permukaan bumi.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini