Sukses

Mahasiswa ITB Ciptakan Mobil Hemat Energi

Sejumlah mahasiswa ITB berhasil menerapkan ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah. Berawal dari kepedulian akan ancaman kelangkaan energi, mereka menciptakan mobil hemat energi.

Liputan6.com, Bandung: Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung berhasil menciptakan tiga purwarupa atau prototipe mobil hemat energi. Mobil ini mampu menempuh jarak 1.000 kilometer hanya dengan satu liter bahan bakar premium. Ketiga prototipe mobil hemat energi itu diluncurkan di kawasan kampus ITB, Senin (26/4).
 
Nama ketiga mobil itu pun unik, yakni Cikal, Rajawali, dan Heave. Cikal dan Rajawali masing-masing hanya memiliki bobot 80 kilogram. Didesain dengan konsep futuristik Cikal dan Rajawali juga menggunakan bahan bambu sebagai bagian dari rangkanya. Hanya dengan satu liter bahan bakar premium mobil hybrid ini mampu menempuh jarak 1.000 kilometer dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam.

Sementara jenis mobil hybrid lainnya, yakni Heave yang menggunakan ethanol sebagai penggerak mesinnya juga memiliki kemampuan yang nyaris serupa dengan Cikal dan Rajawali. Setelah melalui proses pengujian faktor keselamatan dan uji emisi serta tenaga, rencananya ketiga mobil hybrid itu akan diikut sertakan dalam kompetisi mobil Eco Marathon di Sepang, Malaysia, Juli mendatang.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.