Sukses

"Facebook" Muslim Diluncurkan

Pakistan membuat tiruan Facebook untuk para muslim, terkait diblokirnya jejaring sosial ini karena menampilkan gambar Nabi Muhammad di situsnya.

Liputan6.com, Islamabad: Tiruan jejaring sosial terbesar Facebook dibuat oleh pengembang situs di Pakistan. MillatFacebook, jejaring sosial muslim ini telah diluncurkan di Pakistan, sebagai reaksi gambar Nabi Muhammad yang dipublikasikan di situs Facebook pekan lalu [baca: Pakistan Blokir Facebook].

Facebook ala Pakistan ini dibuat oleh enam pakar IT muda di Lahore dengan menggunakan bahasa Urdu. Mereka juga menaruh harap pada MillatFacebook, yang kelak diharapkan bisa menghubungkan umat Islam di seluruh dunia. Omar Zaheer Meer, salah satu pendiri situs mengatakan, MillatFacebook diluncurkan pada Rabu lalu dan sudah menarik 8.000 pengguna.

Tujuan dibuatnya situs ini, Omar menjelaskan, "Untuk menghimpun orang-orang yang tidak senang dengan dipublikasikannya gambar Nabi Muhammad, dan juga menawarkan situs alternatif dari situs sebelumnya yang dikritik karena kontrolnya yang lemah dan privasi yang membingungkan."

Dengan fitur yang hampir sama, seperti panel navigasi biru pada peta dunia dan halaman login yang mirip seperti Facebook, MillatFacebook berharap dapat menarik pengguna dari semua agama.

"Millatfacebook adalah situs jaringan sosial pertama buatan Pakistan. Sebuah situs untuk umat Islam, oleh umat Islam, dan agama-agama lain yang bersikap sopan akan diterima," tulis MillatFacebook ketika orang hendak mendaftar. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.