Sukses

India akan Produksi Komputer Seharga Rp 300 ribu

India memperkenalkan prototipe komputer tablet yang akan dijual dengan harga Rp 300 ribuan

Liputan6.com, Mumbai: India akan meluncurkan koputer tablet dengan basis taouchscreen seharga Rp 300 ribu yang rencananya akan diproduksi pada 2011 mendatang. Komputer tablet ini dapat digunakan dalam pengolah data atau word processor, web browsing dan video-conferencing. Kehebatan komputer ini adalah memiliki pilihan tenaga surya sehingga cocok digunakan di daerah-daerah pedalaman India yang kekurangan energi. Komputer ini memang di tujukan untuk kalangan pelajar yang tidak ingin ketinggalan dengan informasi yang ada.

Menteri pengembangan sumber daya manusia, Kapil Sibal, mengatakan "Ini adalah jawaban untuk komputer yang biasanya seharga $ US 100 atau sekitar Rp 900 ribu rupiah." Jika pemerintah dapat menemukan produsen yang tepat maka sistem komputer berbasis operasi Linux dalam komputer terbaru ini akan menjadi komputer termurah di dunia. Komputer ini merupakan inovasi yang akan mendobrak penjualan komputer di India.

Mamta Varma, seorang juru bicara kementerian, mengatakan bahwa biaya hardware yang sedang turun dan desain yang cerdas membuat harga komputer ini cukup masuk akal. Namun, komputer tablet ini tidak memiliki hard disk, melainkan menggunakan kartu memori seperti telepon selular. Desain tablet pada komputer ini mengurangi biaya hardware dan penggunaan perangkat lunak open source juga menambah keuntunngan.(AP/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini