Sukses

Penghangat Ruangan dari Suhu Tubuh

Suhu Panas yang dihasilkan tubuh manusia dalam kereta api Metro di Paris,Prancis, akan menjadi bahan bakar penghangat ruangan.

Liputan6.com, Paris: Suhu Panas yang dihasilkan tubuh manusia dalam kereta api Metro di Paris,Prancis, akan menjadi bahan bakar penghangat ruangan. Gagasan itu akan diujicobakan pada proyek renovasi gedung ramah lingkungan di kota itu.

Kalori yang dipancarkan penumpang sekitar 100 watt per orang. Setelah dikombinasikan dengan panas yang dihasilkan gesekan metro diperkirakan mencapai suhu 14 sampai 20 derajat selsius. Panas akan dialirkan ke ruangan penghancur karbon dioksida, sebelum dialirkan ke ruangan lewat pipa-pipa pemanas.

"Proyek ini akan memakan biaya besar untuk membangun akses penyalur panas," kata Francois Wachnick dari Paris Habitat, Jumat (3/9). "Betapa beruntungnya kami, karena lokasi kami berdekatan dengan Metro yang memungkinkan mendapatkan akses untuk menyalurkan panas yang dihasilkan penumpangnya."

Proyek itu diharapkan dapat menjadi bahan bakar bagi penghangat ruangan untuk 17 gedung apartemen. Rencananya, proyek itu diluncurkan akhir tahun ini.(Reuters/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.