Sukses

Warga Jepang Mempertanyakan Keamanan Internet

Pengguna internet mempertanyakan keamanan dalam menggunakan teknologi di dunia maya.

Liputan6.com, Tokyo: Sebuah penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Jepang sangat khawatir terhadap keamanan penggunaan internet. Bahkan, tingkat kekhawatirannya lebih tinggi bila dibanding negara lain. Ini terbukti ketika peneliti Universitas Tokyo dan perusahaan telekomunikasi NTT melakukan wawancara melalui telepon kepada ribuan pengguna internet di 10 negara, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Cina, baru-baru ini.

Hasil wawancara adalah pengguna internet di Jepang mengeluhkan masalah keamanan. Soalnya, 1,2 responden di sana mengungkapkan bahwa informasi pribadi mereka telah diposting tanpa persetujuan. Sedangkan 20,3 persen pengguna lain juga mengeluhkan komputernya telah terkena virus akibat penggunaan internet.

Ketika ditanya apakah mereka merasa khawatir tentang penggunaan Internet? Sekitar 83,6 persen pengguna di Jepang memberikan jawaban afirmatif. Hal ini merupakan jumlah tertinggi kedua dari 10 negara.

Yoshiaki Hashimoto mengatakan bahwa pengguna internet di Jepang memiliki lingkungan yang baik untuk pengguna internet, seperti biaya yang wajar. Dia menambahkan bahwa bagaimana pun pengguna di Jepang terlalu khawatir dengan keamanan internet, padahal mereka mendapatkan tanggapan lebih cepat tentang masalah keamanan yang melibatkan aktivitas online.(NHK/DES/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.