Sukses

Domain Berbahasa Rusia Diluncurkan

Rusia menjadi salah satu negara pertama yang memiliki hak untuk menciptakan nama domain dengan menggunakan bahasa nasionalnya.

Liputan6.com, Moskow: Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer/internet. Nama domain berfungsi mempermudah pengguna internet saat mengakses ke server dalam huruf latin. Namun, saat ini Rusia juga memiliki hak untuk menciptakan nama domain dengan menggunakan bahasa nasionalnya.

Seperti dilansir kantor berita Itar-Tass, setiap warga Rusia dapat mendaftarkan nama domain mereka dalam bahasa Rusia dengan biaya 500-600 rubel atau sekitar Rp 150 ribu. Kepala Pusat Koordinasi Domain Internet Nasional Andrei Kolesnikov mengatakan, mereka yang ingin mendaftar beberapa nama domain, bisa mendapatkan diskon.

Sekitar ratusan ribu warga Rusia telah mendaftarkan nama domain mereka dengan menggunakan bahasa nasionalnya. Namun, sesuai aturan di sana, perusahaan asing dan warga asing tidak bisa mendapatkan akun untuk nama domain Rusia.(DES/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini