Sukses

Perubahan Iklim, Jepang Pasang Radar di Antartika

Sebuah tim peneliti Jepang akan memasang radar pengamatan besar terhadap atmosfer di Antartika. Mereka berharap mendapatkan data yang lebih jelas tentang perubahan iklim.

Liputan6.com, Tokyo: Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi. Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun. Namun, akibat perubahan iklim dan pemanasan global yang saat ini sedang terjadi, maka es di daerah itu mulai mencair. Antartika diyakini memiliki dampak yang besar pada iklim bumi karena sirkulasi atmosfer dimulai dan berakhir di sana.

Seperti dilanir dari kantor berita NHK, sebuah tim peneliti Jepang akan memasang radar pengamatan besar terhadap atmosfer di Antartika. Para peneliti berharap mendapatkan data yang  lebih jelas tentang perubahan iklim. Mereka mengembangkan antena yang terbuat dari bahan ringan agar dapat diinstal dengan mudah oleh sejumlah orang. Radar itu dapat menangkap hasil atmosfer dari satu kilometer sampai 500 kilometer di atas permukaan bumi.

Peneliti berencana mengamati lubang ozon Antartika yang mempengaruhi tingkat sinar ultraviolet. Mereka juga akan memperhatikan awan khusus yang dikatakan untuk menunjukkan efek peningkatan karbondioksida. Pembangunan radar ini akan dimulai pada awal bulan depan. Sedangkan penelitian observasi  diharapkan mulai Maret 2011.(DES/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini