Sukses

Cina Bangun Pusat Komputer Tercepat di Dunia

Cina belum lama ini berencana membangun Pusat Super Komputer (NSCC). Nantinya, Tianhe 1A, komputer yang diklaim Cina tercepat di dunia, akan diinstal di sana.

Liputan6.com, Changsha: Cina belum lama ini berencana membangun Pusat Super Komputer (NSCC). Nantinya di tempat tersebut, Tianhe 1A, komputer yang diklaim Cina tercepat di dunia, akan diinstal.

Du Zhanyuan, Wakil Menteri Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi mengatakan, NSCC akan dibangun di lokasi sekitar Universitas Hunan di Changsha, ibu kota Hunan. Konstruksi tersebut diharapkan rampung pada akhir 2011 mendatang.

Komputer Tianhe 1A  yang ditempatkan di NSCC, Tianjin, telah disertifikasi sebagai super komputer tercepat di dunia. Tianhe 1A ini dapat menjalani 2,57 operasi komputer per detik. Tianhe-1A  ini dirancang dapat memberikan pelayanan perkiraan cuaca, penelitian ilmiah, farmasi biologi, desain animasi dan pekerjaan kompleks lainnya.(ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.