Sukses

Rekor Kereta Supercepat ala Cina

Kereta berkecepatan tinggi CRH380A produksi Cina mengalahkan rekor kereta peluru Shinkansen Jepang. Kecepatannya mencapai 486 kilometer per jam pada saat uji coba.

Liputan6.com, Beijing: Sebuah kereta berkecepatan tinggi produksi Cina mencapai 486 kilometer per jam pada saat uji coba. Kereta ini mengalahkan rekor kereta peluru Shinkansen Jepang. Kereta supercepat ini juga melewati 443 kilometer per jam, kecepatan tercepat kereta peluru Shinkansen Jepang.

Kereta  ini dikembangkan oleh Cina dengan dukungan teknologi dari Jepang, Jerman, dan Perancis. Rekor baru yang diraih kereta ini adalah 70 kilometer per jam, lebih cepat 416,6 kilometer per jam saat pengujian perdananya pada bulan September silam.

Kereta peluru Cina ini rencananya akan menghubungkan Beijing dan Shanghai yang kini sedang dalam pembangunan relnya. Kereta api supercepat Beijing-Shanghai baru dijadwalkan untuk masuk layanan pada bulan Oktober tahun depan. Jalur kereta akan mencakup 1.300 kilometer antara dua wilayah metropolitan dalam waktu kurang dari 5 jam, memotong waktu tempuh sekitar setengahnya.

Juru bicara Departemen Kereta Api Wang Yongping mengatakan, ia mengharapkan sistem kereta berkecepatan tinggi dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi di daerah sepanjang rel yang dilewati kereta. (NHK/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.