Sukses

Siswa SD Juara Kontes Robot

Dengan mengalahkan 310 tim pelajar dari seluruh Indonesia, peserta asal SD Muhammadiyah 4 Pucung Surabaya, Jatim, juara kontes robot. Mereka bakal dikirim ke Singapura mengikuti lomba tingkat internasional.

Liputan6.com, surabaya: Laksamana Agadhia dan Abel, siswa kelas lima Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucung, Surabaya, Jawa Timur, senang bukan kepalang. Mereka sama sekali tidak menyangka bisa menjadi juara dalam Kontes Java Robot Tingkat Nasional yang digelar baru-baru ini.

Keduanya keluar sebagai juara setelah mengalahkan 310 tim pelajar lain yang datang dari seluruh Indonesia. Mereka membuat robot yang mengikuti garis arena atau line tracer analog. Perlu waktu sebulan dan biaya Rp 200 ribu untuk membuat robot tersebut.

Menurut Laksamana Agadhia, mereka menggunakan bahan dasar dari mainan mobil-mobilan tamiya dengan tenaga dari baterai . Kesulitan untuk membuat robot tersebut adalah membuat sensor yang bisa mengikuti jalur arena. Selain harus sensitive, sensornya harus presisi. Sebab, jika tidak robot buatannya akan melenceng dari garis arena.

Sekolah sangat bangga dengan prestasi Laksamana dan Abel. Apalagi, juara kedua dan ketiga juga diraih sekolah tersebut. “Baru pertama kali mengikuti lomba tingkat nasional. Kami sangat bangga dengan prestasi anak-anak,” ujar Edy Susanto, Wakil Kepsek SD Muhammadiyah 4 Pucung.

Edy menambahkan, mereka yang menjadi juara akan diikutsertakan dalam kontes robot internasional yang diadakan di Singapura, Januari mendatang.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.