Sukses

Robot Guru, Bikin Pelajaran Jadi Menarik

Sebuah robot dikembangkan teknologinya dan memiliki fungsi layaknya seorang guru. Robot ini dijalankan dengan remote dan dikendalikan oleh guru aslinya. Biarpun tidak berada di dalam sekolah, sang guru masih bisa menjalankan tugasnya melalui penggantinya itu.

Liputan6.com, Seoul: Teknologi yang semakin berkembang pesat membuat dunia pendidikan pun ikut merasakannya. Sebuah robot yang dikembangkan teknologinya, berhasil di-upgrade fungsi programnya sebagai pengajar layaknya seorang guru.

Robot dengan remote ini dikendalikan oleh guru aslinya, meskipun gurunya tidak berada di dalam kelas. Bahkan, berada di luar negeri sekali pun. Hal ini terjadi pada sebuah sekolah di Korea Selatan. Guru bahasa Inggris sekolah di daerah Daegu berada jauh di Filipina. Namun, murid-murid masih bisa berinteraksi dan diajarkan oleh gurunya itu. Jadi, meski gurunya tidak bisa hadir, tapi ia tetap bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Dailymail.co.uk mewartakan, robot ini memiliki perangkat lunak yang membuatnya bisa berjalan di sekitar kelas, dan juga bernyanyi. Tak hanya itu, robot guru juga memilliki kemampuan untuk bermain bersama para murid.

Kim Mi-Young, kepala pendidikan, mengatakan, "Anak-anak sangat menyukai robot itu karena bentuknya yang lucu. Orang dewasa pun telihat sangat tertarik dengan robot itu."

Pengalaman belajar menjadi lebih menyenangkan dan menarik karena robot ini. Murid-murid pun menjadi sangat menyukai pelajaran bahasa Inggris yang awalnya sangat dibencinya. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.