Sukses

Fenomena Halo Muncul di Yogya

Fenomena alam halo, sebuah penampakan seperti cincin raksasa yang mengitari matahari, terlihat di Yogyakarta dan sekitarnya, Selasa (4/1) sekitar pukul 11.00 WIB selama sekitar 30 menit.

Liputan6.com, Yogyakarta: Fenomena alam halo, sebuah penampakan seperti cincin raksasa yang mengitari matahari, terlihat di Yogyakarta dan sekitarnya, Selasa (4/1) sekitar pukul 11.00 WIB selama sekitar 30 menit.

"Ini adalah peristiwa alam biasa, seperti pelangi, hanya saja terjadi di sekitar matahari yang berbentuk seperti cincin," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY Toni Agus Wijaya di Yogyakarta.

Menurutnya, fenomena alam halo terjadi karena adanya interaksi antara awan yang letaknya cukup tinggi sekitar 2.000 meter dengan sinar matahari. Peristiwa ini kerap muncul di musim hujan, khususnya saat hari cerah.

"Sebenarnya, peristiwa ini tidak hanya terjadi sekali ini saja, tetapi beberapa kali. Hanya saja tidak terlihat karena hari tidak cerah," kata Toni.

"Peristiwa ini biasanya berlangsung selama beberapa menit, dan nanti akan hilang apabila ada pergerakan angin di sekitar matahari. Tidak ada dampak apa-apa dari peristiwa ini."

Fenomena alam ini menarik perhatian sejumlah warga yang tengah berada di Balai Kota Yogyakarta untuk mengabadikannya dengan kamera telepon selular atau kamera saku. Tak terkecuali Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto dan sejumlah pegawai serta pejabat di kantor Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Saya baru melihat fenomena seperti ini untuk pertama kalinya, jadi ingin mengabadikannya," kata Setyani, salah seorang warga (ANT/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.