Sukses

2010: Tahun Ilmu

Menurut Asosiasi Meteorologi Dunia, 2010 menjadi bagian dari catatan kondisi terpanas di dunia. Para ahli mencatat 2000 dan 2009 menjadi bagian dari tiga tahun terpanas. Kebun binatang di San Diego meng-cloning binatang mati.

Liputan6.com, Jakarta: Periode 2010, dinilai sebagai tahun pencatat kebangkitan ilmu di sejumlah bidang. Dari bidang fisika, biologi, kesehatan, ruang angkasa, lingkungan, dan keilmuwan lainnya. Berikut adalah sepenggal kemajuan yang dicatat dari masing-masing bidang kehidupan manusia.

Fisika
Ada satu cerita utama di 2010: Large Hadron Collider (LHC). LHC ini adalah energi akselerator partikel yang terbesar dan tertinggi di dunia. Pemahaman terhadap LHC ini bisa menjawab pertanyaan yang paling dasar fisika, serta memajukan pemahaman umat manusia tentang hukum-hukum alam.

LHC dikabarkan bertabrakan pada Maret 2010. Dan sebulan silam, hasil tabrakan itu melebur dengan kemampuan 99,99 persen kecepatan cahaya dengan mencapai suhu 10 triliun derajat Celsius. Setara dengan mikrodetik pertama dari Big Bang—teori kosmologi tentang peristiwa pembentukan alam semesta.

Kesehatan
Untuk pertama kalinya, sebuah percobaan perawatan yang didasarkan pada embrio sel batang—diyakini sebagai lompatan teknologi berikutnya untuk pengobatan—telah berjalan di Inggris. Para peneliti di University College London, mengatakan telah menandai kelahiran sel batang tersebut.

Pada Januari, vaksin leukimia sudah mulai diujicobakan kepada manusia. Meskipun masih dalam masa tahap awal, vaksin yang diuji di King's College London tersebut menunjukkan hasil yang menjanjikan saat dites pada tikus. Sebulan kemudian, harapan muncul pada pengobatan kanker oleh para ahli genetika di John Hopkins University, Baltimore. Pengobatan itu merujuk pada penyesuaian sidik jari genetik seseorang. Teknik ini sudah diuji pada pasien kanker usus dan kanker payudara.

Biologi
Ahli biologi kontroversial Craig Venter menjadi berita utama dengan menciptakan bentuk kehidupan sintetis di laboratoriumnya. "Synthia" diciptakan menggunakan genom genitalium Mycoplasma. Venter dan timnya mengubah DNA menggunakan komputer, mengambil 100 gen dan menambahkan "watermark". Mereka kemudian dimasukkan ke dalam genom inti dari sebuah bakteri genitalium M., yang direproduksi, menciptakan laboratorium Mycoplasma. http://static.liputan6.com/201101/110106bsains-biologi.jpg

Ada juga berita menggembirakan bagi penggemar Jurassic Park. Kebun binatang di San Diego telah meng-cloning binatang mati. Sejauh ini, mereka hanya telah menggunakan spesies yang terancam punah.

Lingkungan
Sebuah laporan yang diterbitkan Royal Society dan Zoological Society of London menunjukkan bahwa satu dari lima spesies vertebrata berada di bawah ancaman kepunahan. Sementara hasil penelitian Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa saat ini spesies setiap saat lebih cepat hilang, diawali sejak kematian dinosaurus. Peningkatan keasaman lautan juga mengancam sistem terumbu dan menyebabkan kekurangan pangan sehingga mengurangi populasi ikan.

Menurut Asosiasi Meteorologi Dunia, 2010 menjadi bagian dari catatan kondisi terpanas di dunia. Selain tahun kemarin, para ahli mencatat 2000 dan 2009 menjadi bagian dari tiga tahun terpanas terpanas di dunia.(Telegraph/EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini