Sukses

Pesawat Kargo Rusia Merapat ke ISS

Pesawat kargo Rusia mendarat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Progress 41 membawa tiga ton suplai, termasuk hadiah ultah bagi astronot Scott Kelly.

Liputan6.com, Moskow: Pesawat antariksa Rusia mendarat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Progress 41 tanpa awak ini mengangkut tiga ton kebutuhan para kru, termasuk satelit mini dan hadiah ulang tahun untuk kepala ISS, Scott Kelly.

Pesawat tipe kargo berangkat dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan, Kamis kemarin. Progress 41 berhasil merapat ke ISS pada Sabtu, 09.39 PM (Ahad, 05.39 AM waktu Moskow).

Kelly akan merayakan ulang tahun ke-47 di luar angkasa pada 21 Februari. Selain bahan bakar, oksigen, dan buku, pesawat ulang alik Rusia itu juga membawa satelit miniatur bumi bernama Kedr. Nama Kedr diambil dari sandi panggilan Yuri Gagarin, astronot yang terbang ke luar angkasa 50 tahun silam.

Satelit berbobot 30 kilogram itu adalah bagian dari eksperimen radio. Proyek gabungan Radio Amateur Satellite Corp., NASA, dan RSC Energia itu didesain khusus untuk mentransmisikan 25 pesan dalam 15 bahasa berbeda dan sejumlah foto planet bumi.

"Satelit akan mentransmisikan sinyalnya di frekuensi 145.95 MHz, dengan menggunakan panggilan radio amatir RS1S," ucap agensi luar angkasa Rusia, seperti diwartakan situs MSNBC.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini