Sukses

Ditemukan, Materi Baru Dalam Inti Bintang

Ilmuwan menemukan bukti penemuan materi baru dalam inti bintang yang terbuat dari materi yang mengalir tak terkendali ke seluruh bagian bintang.

Liputan6.com, New York: Para ilmuwan menemukan bukti penemuan materi baru dalam inti bintang. Laman Xinhua mewartakan, Senin (28/2), materi baru bernama superfluida, ditemukan pada sebuah bintang neutron. Superfluiditas adalah keadaan materi, seperti padat, cair atau gas, substansi bisa mengalir tak terkendali dan berada pada temperatur yang sama persis di seluruh bagian bintang. Temuan itu didasarkan pada studi dari sisa-sisa supernova "Cassiopeia A" yang berada 11 ribu tahun cahaya dari Bumi. 
 
Dalam penelitian dilaporkan, bintang neutron dengan kandungan sangat padat ditemukan dalam "Cas A". Hal itu diperkirakan terjadi akibat penurunan suhu lebih cepat dari yang diharapkan para ilmuwan. 
 
"Pendinginan cepat adalah bukti langsung pertama bahwa inti dari bintang neutron terbuat dari superfluida dan superkonduktor material," ungkap Peter Shternin, ketua tim peneliti dari Institut Ioffe di St Petersburg, Rusia. Penelitian dilakukan dua tim peneliti independen. Mereka menarik kesimpulan yang sama, hasil dari pendinginan cepat ini dapat dijelaskan dengan pembentukan bintang neutron. Temuan ini dapat membantu peneliti lebih memahami interaksi nuklir dalam kondisi ultra-padat.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini