Sukses

Wah.. Robot Bantu Operasi Jantung di India

Para dokter di India mengaku telah dibantu robot dalam melakukan operasi terhadap seorang pasien penderita sakit jantung.

Liputan6.com, New Delhi: Wah, Robot Bantu Proses Operasi Jantung di India. Ini bukanlah cerita fiksi yang biasa ditayangkan di televisi. Menurut pengakuan para dokter di India, mereka telah dibantu robot dalam melakukan operasi terhadap seorang pasien penderita sakit jantung, D. Vijayakanth.

Pada operasi kali ini, dokter dibantu tiga buah robot yang dibekali alat operasi. Diperlukan waktu empat jam untuk prosedur ini.

"Prosedur dalam operasi mengganti mitral dan katup aorta secara bersamaan mendapatkan bantuan dari robot," ungkap Dr R. Ravi Kumar, Direktur Institut Penyakit Jantung di Chettinad, India.

Ia menambahkan, "bagian terbaik tentang menggunakan robot dalam pembedahan jantung adalah jantung pasien tidak perlu dibuka. Selain itu operasi dapat dilakukan dengan menggunakan alat insisi kecil berukuran 4 centimeter. Hal ini tidak mungkin dilakukan tanpa bantuan robot."

Prosedur ini membutuhkan banyak pelatihan intensif. Meskipun tangan robot dapat melakukan operasi, tetap harus dikontrol oleh dokter ahli bedah yang terlatih. Salah satu kelemahan terbesar adalah kurangnya persepsi indrawi yang ada ketika dokter bedah yang sebenarnya melakukan operasi.(Xinhua/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini