Sukses

CVS Intai Pekerja di Depan Layar Monitor

Mata Anda yang terpaku pada layar, apakah itu komputer atau smartphone, dapat menyebabkancomputer vision syndrome (CVS).

Liputan6.com, Washington: Jika melihat cermin di akhir hari yang panjang dan menemukan mata Anda merah, itu mungkin karena Anda kecanduan perangkat digital Anda. Mata Anda yang terpaku pada layar, apakah itu komputer atau smartphone, dapat menyebabkan computer vision syndrome (CVS).

Beberapa ahli mata mengatakan computer vision syndrome (CVS) dapat mempengaruhi hingga 90 persen orang yang menghabiskan dua atau lebih jam dalam sehari secara terus-menerus di depan layar. Gejala yang muncul seperti pandangan kabur, sakit kepala, mata kering, atau rabun jauh untuk jangka panjang. Namun jangan menunggu sampai Anda merasa ada sesuatu yang salah. Mulailah mencegah masalah sejak hari ini.

"Mata kita telah berevolusi untuk melihat tiga-dimensi," kata dokter mata, Andrea Thau, OD, dari American Optometric Association, Sabtu (19/3).

Titik fokus mata alami terletak sekitar 20 meter di depan wajah. Kebanyakan orang, duduknya kurang dari dua meter dari layar komputer mereka, sehingga memaksa cincin otot mata untuk terus berkontraki dalam rangka mengarahkan fokus. Jika Anda menatap monitor digital untuk berjam-jam, otot-otot mata dapat menjadi begitu tegang dan mereka tidak bisa bersantai, bahkan setelah Anda melihat jauh.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kebanyakan orang berkedip rata-rata 16 kali per menit, menjaga bola mata mereka diminyaki untuk fungsi yang optimal. Namun, ketika menetap di depan layar digital, orang-orang yang sama berkedip lebih sedikit dari enam kali per menit, sehingga menyebabkan mata kering dan iritasi mata.

Gejala CVS dapat dikendalikan. "Langkah pertama mulailah hidup dengan aturan sederhana 20-20-20," kata Thau. Berpalinglah dari layar Anda setiap 20 menit, selama 20 detik dan fokus pada suatu titik tertentu dengan jarak 20 kaki. Aturlah alarm melalui onlineclock.net untuk mengingatkan diri Anda untuk masuk dalam kebiasaan itu.

Selain itu Anda juga dapat melakukan hal lainnya. Setiap kali Anda duduk di depan layar selama berjam-jam dalam satu waktu, cobalah ingat untuk memerangi mata terlalu kering dengan berkedip sesering mungkin, seperti jika Anda tidur "Ya, komputer dapat menjadi tantangan visual untuk mata kita," kata Thau, "tapi ketika digunakan dengan hati-hati, mereka tidak akan menyebabkan kerusakan permanen," pungkasnya.(MEL/msnbc)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.