Sukses

Intel Segera Luncurkan Transistor 3-D

Intel menyebutnya sebagai terobosan teknis terbaru dalam dunia mikroprosesor.

Liputan6.com, San Francisco: Intel Corp mengumumkan pihaknya akan segera memproduksi massal sebuah chip yang menggunakan transistor baru dengan penampilan struktur tiga dimensi (3-D). Intel menyebutnya sebagai terobosan teknis terbaru dalam dunia mikroprosesor.

Seperti dilansir Xinhua, baru-baru ini, transistor 3-D yang disebut "Tri-Gate" ini merupakan model terbaru yang berdasarkan dari struktur transistor planar dua dimensi yang mendukung komputer, telepon seluler atau ponsel dan gadget modern lainnya.

"Para lmuwan dan insinyur Intel sekali lagi menciptakan kembali sebuah transistor jenis baru, kali ini mereka memanfaatkan dimensi ketiga," kata Paul Otellini, pucuk eksekutif (CEO) Intel, dalam sebuah pernyataan.

Intel juga menunjukkan sebuah mikroprosesor berukuran 22-nanometer (nm) dengan kode nama "Ivy Bridge" akan menjadi chip bervolume tinggi pertama yang digunakan dalam transistor 3-D terbaru ini. Ivy Bridge ini dijadwalkan untuk masuk tahap produksi massal pada akhir tahun ini.

Menurut Intel, transistor 3-D memungkinkan chip beroperasi pada tegangan yang lebih rendah dengan kebocoran yang lebih rendah dibandingkan dengan transistor sebelumnya. Serta, menyediakan hingga 37 persen peningkatan kinerja pada tegangan rendah versus transistor 32nm perusahaan planar.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini