Sukses

Ini Dia Mesin Pendeteksi Kanker

Para ilmuwan Inggris menciptakan sebuah mesin yang dapat mendeteksi kanker dengan indra penciuman yang diberi nama Breathotron.

Liputan6.com, London: Para ilmuwan Inggris telah menciptakan sebuah mesin yang dapat mendeteksi kanker dengan indra penciuman. Mereka menyebut mesin unik ini dengan nama Breathotron. Demikian dilansir dari situs Zeenews.com, Kamis (12/5).
 
Gagasan unik dan modern ini berasal dari akademisi Cranfield University di Bedfordshire, Inggris. Breathrotron ini dapat mendeteksi perubahan kimia dalam napas pasien. Tak hanya itu, mesin ini akan memproses lebih lanjut dengan deteksi kanker dan memberikan diagnosis dini bagi para pasien. Penemuan ini mulai diteliti setelah sebuah makalah penelitian medis yang menyimpulkan bahwa adanya sel-sel kanker yang mengeluarkan bau.
 
Profesor Hugh Barr yang memimpin penelitian itu mengatakan, "Ini adalah perkembangan teknologi yang sangat menarik dan dapat mempengaruhi cara terbaru untuk mendiagnosis kanker pada tahun-tahun mendatang." Selain menggunakan mata, Breathotron juga mendeteksi kanker melalui 'hidung buatan' yang kemudian digunakan untuk mencoba mengendus tahap awal kanker.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.