Sukses

Teknologi Internet Mobile 4G Tersedia 2013

Generasi berikutnya teknologi Internet mobile, 4G, akan menawarkan kapasitas 200 persen lebih besar dibanding 3G, kata Ofcom, lembaga regulator dan otoritas persaingan industri komunikasi Inggris. Jaringan 4G pertama diperkirakan akan mulai tersedia mulai 2013.

Liputan6.com, Jakarta: Generasi berikutnya teknologi Internet mobile, 4G, akan menawarkan kapasitas 200 persen lebih besar dibanding 3G, kata Ofcom, lembaga regulator dan otoritas persaingan industri komunikasi Inggris.
Jaringan 4G pertama diperkirakan akan mulai tersedia mulai 2013.

Dr Stephen Unger, chief technology officer Ofcom, dikutip Telegraph mengatakan,"Penelitian yang kami lakukan mengindikasikan bahwa jaringan mobile 4G awal dengan konfigurasi standar akan 3,3 kali (230%) lebih efisien dibanding jaringan 3G standar saat ini."

"Dalam konteks ini, seorang pengguna yang memakai jaringan awal 4G akan mampu mengunduh satu video hanya dalam waktu sepertiga dari waktu yang dibutuhkan sekarang ini."

Namun, Ofcom juga mencatat bahwa "kelebihan (4G) dalam efisiensi spektrum sel tidak akan cukup untuk mengimbangi pertumbuhan permintaan". Ia mengatakan bahwa "topologi"--kemampuan pemancar memberikan sinyal jaringan--akan semakin penting untuk memenuhi permintaan di daerah padat penduduk. (Ant/ARI)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.