Sukses

I-bhan Harapan Aceh untuk KRCI

Mahasiswa Politeknik Aceh mempersiapkan robot untuk menghadapi Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011 Regional Sumatra di Batam. Robot pemain sepak bola ini diberi nama i-bhan.

Liputan6.com, Banda Aceh: Mahasiswa Politeknik Aceh mempersiapkan robot untuk menghadapi Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011 Regional Sumatra di Batam. "Robot pemain sepak bola ini diberi nama i-bhan atau singkatan dari intelegensi ban," kata Direktur Politeknik Aceh Zainal Hanafi di Banda Aceh, Kamis (19/5). Kontes tahunan ini dilangsungkan pada 21-22 Mei 2011.
 
Zainal mengatakan, i-bhan yang memiliki kemampuan mengejar, menggiring, dan menendang bola ke gawang ini merupakan satu-satunya wakil Aceh pada Kontes Robot Cerdas Indonesia. Pembuatan robot yang memakan waktu tiga bulan diharapkan bisa memenangkan kontes regional Sumatra dan lolos ke tingkat nasional di Yogyakarta, Juni 2011.
 
Pada kontes ini, i-bhan yang diciptakan Ikrama Siddiq akan bertanding dengan robot peserta lain. Robot yang mencetak gol terbanyak yang akan menjadi pemenang. "Selain robot pemain bola, Politeknik Aceh juga mengusung robot yang diberi nama Pango UK. Dua robot Aceh ini akan bersaing dengan 11 robot buatan perguruan tinggi ternama di Sumatra," kata Zainal.(ANT/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini