Sukses

Google Wallet, Aplikasi Pengganti Dompet

Google meluncurkan layanan sistem pembayaran mobile yang diberi nama Google Wallet pada Kamis (26/5). Layanan tersebut memungkinkan pengguna telepon untuk membayar dan mencairkan kupon Google Offers pada ponsel-ponsel smartphone.

Liputan6.com, San Francisco: Google meluncurkan layanan sistem pembayaran mobile yang diberi nama Google Wallet pada Kamis (26/5). Layanan tersebut memungkinkan pengguna telepon untuk membayar dan mencairkan kupon Google Offers pada ponsel-ponsel smartphone.

Menurut blog resmi Google, pihak perusahaan berharap para pengguna bisa menaruh tiket, kartu kredit, penerimaan, dan kupon di dalam Google Wallet. Aplikasi mobile ini menggunakan teknologi yang disebut Near Field Commounication (NFC).

NFC memungkinkan data sederhana untuk ditransfer dengan jarak lebih dari 4 cm atau kurang antara dua perangkat dengan chip NFC yang sudah ditanam. Data-data tersebut meliputi informasi kartu kredit, informasi tiket dan kode bar kupon.

Ponsel pertama yang mampu menggunakan Google Wallet ini adalah Nexus S yang berbasis Android. Layanan ini juga bisa membuat pembayaran melalui sistem PayPass MasterCard, yang menggunakan teknologi NFC. Google juga berencana akan menanam chip NFC pada semua ponsel Android di masa mendatang.

Untuk keamanan, pelanggan diharuskan untuk membuat Google Wallet PIN yang digunakan untuk melakukan pembelian. Google akan meluncurkan layanan ini di lima kota, New York, San Francisco, Los Angeles, Chicago, dan Washington DC. (Xinhua/JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini